Human Factor In Aviation PT. Asian One Air

Human Factor In Aviation PT. Asian One Air

Human Factor In Aviation PT. Asian One Air,  Penyebab  kecelakaan  pesawat  biasanya  diakibatkan oleh 3 faktor utama, yaitu faktor teknis, faktor cuaca, dan   faktor   kesalahan   manusia   (human   error). Berdasarkan statistik faktor human error ini merupakan faktor penyumbang terbesar dalam kecelakaan bahkan 2/3  dari  rangkaian  penyebab  kecelakaan  pesawat (Wiegman & Shappel, 2000). Berikut 12 penyebab human factor yang menurunkan kemampuan seseorang bekerja dengan efektif :

1. Lack of Communication (Kurangnya Komunikasi), Keahlian berkomunikasi merupakan hal yang sangat penting untuk menghindari adanya salah paham.

2. Complacency (Kepuasaan Diri), Complacency atau kepuasan diri adalah ketika kita bekerja tanpa mendokumentasikan pekerjaannya, atau apa yang harusnya dikerjakan tidak berjalan baik.

3. Distraction (Gangguan), Sebuah gangguan ketika bekerja dapat mengacaukan prosedur. 15% terjadinya incident dan accident berkaitan karena adanya gangguan ketika bekerja.

4. Lack of Knowledge (Kurangnya Pengetahuan), Pengetahuan  tentang Standar Operasional  Prosedur (SOP)  harus selalu up to date dan selalu  dilakukan sosialisasi dan penyegaran.

5. Lack of Team Work (Kurangnya Kerja Sama Tim), Kerja sama tim mempengaruhi performansi kita ketika bekerja.

6. Fatigue (Kelelahan), Kelelahan merupakan faktor yang berkontribusi terhadap accident. Kelelahan menyebabkan penurunan kewaspadaan dan konsentrasi ketika bekerja.

7. Norms (Normal), Normal  artinya  cara-cara normal yang biasa dilakukan. Biasanya hal ini tidak  tertulis dalam Standar Operasional Prosedur (SOP) namun diikuti oleh banyak orang dan ditoleransi oleh atasan.

8. Lack of Awareness (Kurangnya Kesadaran), Konsekuensi kegagalan dari sebuah keputusan. Setelah melakukan pekerjaan yang sama berulang kali, sangat mudah untuk kurang konsentrasi sehingga tidak wapada terhadap apa yang terjadi dalam pekerjaan.

9. Stress (Gangguan Mental dan Emosional), Pekerjaan seringkali membuat diri kita mengalami stres.

10. Pressure (Tekanan), Ketika mengalami tekanan, kita perlu bertanya pada diri sendiri apakah kita masih sanggup dan meminta supervisor untuk melakukan cek agar pekerjaan berjalan dengan tepat.

11. Lack of Resources (Kurangnya Sumber), Kekurangan sumber daya merupakan suatu halangan untuk dapat bekerja dengan baik. Sumber daya ini dapat berupa Sumber Daya Manusia (kekurangan staff) maupun sumber daya material.

12. Lack of Assertiveness (Kurangnya Ketegasan), Ketegasan merupakan kemampuan untuk dapat mengekspresikan perasaan, opini, dan apa yang  kita butuhkan secara positif, dengan etika yang baik dan tidak membingungkan apalagi membuat percakapan menjadi agresif.

Human Factor In Aviation PT. Asian One Air

Demikianlah mengapa Human Factor In Aviation PT. Asian One Air  menjadi penting. Baca juga “Starter Kit New Normal di PT. Asian One Air”

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *